Connect with us

GADGET

OPPO Resmi Perkenalkan Smartphone Flagship Lipat Pertamanya, OPPO Find N

Published

on

Jakarta, 15 December 2021: OPPO hari ini resmi memperkenalkan smartphone flagship lipat pertamanya yaitu OPPO Find N, pada hari kedua pameran teknologi OPPO INNO DAY 2021.

OPPO Find N merupakan bentuk eksperimen OPPO dalam hal hinge (engsel), display material, dan aspect ratio untuk menciptakan smartphone baru yang mampu memenuhi kebutuhan lebih banyak pengguna. OPPO telah melakukan berbagai upaya pengembangan dalam kurun waktu yang panjang untuk menghasilkan smartphone lipat yang lebih baik.

Rasio Lanskap

OPPO Find N memiliki rasio lanskap pada layar bagian dalamnya berukuran 7,1 inci serta layar luar berukuran 5,49 inci. Saat layar dalam terbuka, tampilan layar memiliki aspect ratio 8,4:9 yang  cocok untuk menonton video, bermain game, atau membaca buku tanpa harus memutar (rotate) perangkat.

Saat layar dilipat, tampilan layar memiliki aspect ratio 18:9, menjadikan perangkat lebih kecil dan dapat dioperasikan dengan satu tangan serta lengkap dengan berbagai fitur yang fungsional.

Layar pada OPPO Find N terdiri dari 12 lapis Serene Display yang memberikan perlindungan dan daya tahan yang sangat baik. Serene Display juga bersinergi dengan Flexion Hinge secara sempurna sehingga perangkat dapat terlipat dengan mulus.

Layar OPPO Find N terdiri dari lapisan Flexion UTG (kaca ultra-tipis) 0,03 mm yang lebih kecil dibandingkan dengan kaca smartphone biasa berukuran 0,6 mm, sehingga layar dapat ditekuk dengan mudah serta memberikan daya tahan yang kuat.

Serene Display juga sangat andal dan dapat dilipat dan dibuka dengan mulus hingga lebih dari 200.000 kali tanpa menyebabkan garis lipatan pada layar. Hal ini juga sudah diverifikasi oleh TUV.

Layar dalam menggunakan tampilan LTPO dengan teknologi smart dynamic refresh rate yang dapat menyesuaikan kecepatan refresh dengan kisaran 1 hingga 120 Hz berdasarkan konten yang sedang dilihat oleh pengguna. Layar bagian dalam juga memiliki touch sampling rate hingga 1.000 Hz.

OPPO telah menyempurnakan kecerahan dan kalibrasi warna antara tampilan layar dalam dan luar untuk memastikan pengguna mendapatkan pengalaman yang mulus secara konsisten.

Kedua layar tersebut memiliki 10.240 tingkat kecerahan otomatis untuk memastikan kenyamanan pengguna saat menggunakan perangkat di berbagai ruangan dengan pencahayaan yang berbeda. Layar juga mampu mencapai tingkat kecerahan tertinggi hingga 1.000 nits.

Engsel Melengkung

OPPO Find N menggunakan teknologi Flexion Hinge (engsel melengkung). Flexion Hinge pada OPPO Find N berfungsi sebagai penyangga saat layar terlipat. Dengan demikian, lengkungan pada layar menjadi tidak terlalu terlihat.

Selain itu, Flexion Hinge juga menghilangkan celah antara layar saat dilipat sehingga menawarkan tampilan yang lebih terintegrasi dan dapat melindungi layar dalam dari goresan.

Struktur gir dan pegas dalam Flexion Hinge memungkinkan perangkat untuk berdiri tegap saat layar dibuka dengan besar sudut antara 50 hingga 120 derajat. Dilengkapi dengan berbagai software yang dirancang khusus untuk smartphone lipat, Mode FlexForm pada OPPO Find N menghadirkan fleksibilitas bagi para pengguna untuk menggunakan perangkat dalam berbagai skenario.

Kamera

OPPO Find N dilengkapi dengan tiga kamera utama untuk mengambil foto dan merekam video yang mendukung kualitas tinggi. Kamera tersebut terdiri dari 50 MP Sony IMX 766 main sensor, lensa ultra-wide 16 MP dan lensa telefoto 13 MP, serta dua kamera selfie yang terdapat di layar dalam maupun layar luar.

Dikombinasikan dengan bentuk baru serta Mode FlexForm, OPPO Find N menggunakan software yang disesuaikan untuk smartphone lipat dan menghadirkan pengalaman penggunaan kamera yang lebih menarik

User interface split-camera pada OPPO Find N memungkinkan pengguna untuk menggunakan layar dalam yang besar untuk mengambil foto menggunakan satu sisi layar, dan kemudian menampilkan, mengirimkan, atau menghapus foto yang baru saja diambil menggunakan layar yang satunya lagi.

Saat mengambil foto menggunakan kamera utama dengan perangkat terbuka, pengguna dapat menggunakan layar dalam ataupun luar untuk melihat preview foto yang diambil secara langsung.

Desain ergonomis

OPPO Find N menggunakan desain lengkung 3D di kedua tepi luar perangkat agar lebih nyaman digenggam dan tetap terlihat ramping. Penutup belakang dan modul kamera belakang meneruskan desain lengkungan Find X3. Lengkungan yang ramping menurunkan ketinggian modul kamera, sedangkan panel belakang Gorilla Glass Victus dan pelat kamera keramik memadukan desain elegan dengan sentuhan akhir yang menawan. OPPO Find N hadir dalam tiga pilihan warna hitam, putih dan ungu.

Performa

OPPO Find N dibekali dengan Qualcomm® Snapdragon™ 888 Mobile Platform, RAM LPDDR5 hingga 12 GB, dan penyimpanan UFS 3.1 512 GB. Baterai Find N berdaya besar 4.500 mAh dan sudah mendukung SUPERVOOC Flash Charge 33W yang mampu mengisi daya baterai dengan cepat dan mencapai kapasitas baterai 55% diklaim hanya dalam waktu 30 menit, atau hingga kapasitas penuh 100% diklaim hanya dalam waktu 70 menit.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan pengisian nirkabel AIRVOOC 15W (kompatibel dengan standar Qi) dan pengisian nirkabel terbalik 10W. OPPO Find N menyertakan pemindai sidik jari yang ditempatkan pada tombol daya, serta sistem speaker ganda dan teknologi Dolby Atmos untuk menghadirkan suara yang lebih hidup.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkini

Sinergi Smoot, SWAP, Grab, dan PLN Dukung Ekosistem Motor Listrik di Indonesia

Published

on

Jakarta, 21 Maret 2022 – Smoot Motor, SWAP Energi, Grab dan PLN bersinergi untuk mempercepat pembangunan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi di Indonesia. Melalui kolaborasi ini, keempat perusahaan menyatukan peran strategis dalam melakukan langkah nyata menciptakan kendaraan ramah lingkungan yang terjangkau bagi semua kalangan.  Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan RI yang diwakilkan oleh Ir. Danto Restiawan, M.T,  menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman dalam acara bertajuk  “Ride to The Future”. Melalui upaya ini Smoot, SWAP, Grab dan PLN ingin mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi emisi karbon hingga 41% pada tahun 2030, hal tersebut selaras dengan #LangkahHijau Grab dalam pelestarian lingkungan.

Smoot Motor Indonesia yakin bahwa sinergi dengan PLN dan Grab dapat berhasil dengan dukungan dari semua pihak untuk bisa memberikan solusi terbaik bagi aktivitas pengendara motor listrik di Indonesia. Dimana kendaraan yang bebas emisi, cepat, aman, dan nyaman merupakan keunggulan Smoot Motor Listrik. PLN juga sependapat bahwa kolaborasi dengan Smoot, SWAP dan Grab merupakan bagian dari rencana Infrastruktur Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Nasional Dua Roda dalam rangka percepatan adopsi kendaraan listrik melalui konversi Energi Berbasis Import BBM ke Motor Listrik.

 

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN yang diwakilkan oleh Bapak Hikmat Drajat selaku EVP Pemasaran dan Pengembangan Produk PT. PLN (Persero) melalui kolaborasi ini, diharapkan dapat mengakselerasi pengunaan kendaraan bermotor listrik sehingga dapat memperkuat ketahanan energi di Indonesia.

“Kerja sama ini merupakan langkah awal dari inovasi yang dapat diperluas dan dikembangkan guna saling memperkuat value dan manfaat bagi penguatan ekosistem kendaraan bermotor listrik di Indonesia. Upaya ini untuk mengalihkan energi berbasis impor ke energi domestik, dari energi fosil ke energi terbarukan” tutur Hikmat.

Sementara itu, Grab sebagai operator kendaraan listrik berbasis ride-hailing terbesar di Indonesia terus berupaya mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik. Sejak diluncurkan pada 2019, sudah ada 8.500 kendaraan listrik dengan dominasi pada kendaraan roda dua yang mengaspal di Indonesia, dengan jumlah tersebut kita sudah membantu mengurangi emisi CO2 hingga 4.600 kg, setara dengan menanam 260.000 pohon. Tak hanya berdampak positif pada lingkungan, kehadiran armada listrik juga membuka peluang baru bagi mitra pengemudi. Grab mengoperasikan armada kendaraan listrik dengan skema rental, dimana Grab membeli motor listrik dari produsen, kemudian menyewakannya per hari, dengan demikian mitra pengemudi dapat berhemat karena pemeliharaan motor ditanggung Grab.

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia menambahkan, “Sinergi antara pelaku bisnis yang hadir pada kesempatan hari ini merupakan langkah strategis karena masing-masing memiliki peran penting dalam mendukung percepatan pembangunan ekosistem kendaraan listrik, mulai dari penyediaan armada dan infrastruktur, hingga pengoperasian.  Hal ini juga sejalan dengan salah satu fokus Pemerintah pada perhelatan G20 Presidensi Indonesia, yaitu transisi energi. Kami menargetkan menghadirkan total 14.000 armada kendaraan listrik pada akhir tahun ini sebagai upaya mendorong perkembangan ekosistem kendaraan listrik tanah air.”

Sebagai bentuk kontribusi nyata, Smoot berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan motor listrik untuk armada Grab secara maksimal melalui varian Tempur. Varian ini merupakan kendaraan listrik roda dua yang sudah dilengkapi sistem tukar baterai dari SWAP. Driver Grab kini tidak perlu lagi melakukan proses cas baterai berjam-jam atau takut kehabisan baterai di jalan. Cukup tukar baterai 9 detik di titik penukaran (SWAP Poin) terdekat untuk melanjutkan perjalanan.

SWAP juga telah menyediakan lebih dari 400 titik SWAP Poin yang telah tersebar melalui jaringan Alfamidi, Alfamart, dan Shell untuk area Jabodetabek. Dan di Bali, puluhan SWAP Poin telah tersebar di berbagai titik strategis hasil kerjasama dengan Circle-K. SWAP Poin dapat dengan mudah ditemukan melalui Aplikasi SWAP Energi. Selain untuk menemukan SWAP Poin terdekat, Aplikasi SWAP Energi yang terhubung ke Smoot Motor Listrik juga memiliki berbagai fitur seperti cek kondisi motor, booking baterai, hingga dapat mematikan motor dari jarak jauh sebagai salah satu sistem keamanan. Bekerja sama dengan PLN, SWAP Energi juga akan memperluas jaringan SWAP Poin dengan menambahkan semakin banyak lagi titik strategis untuk pemilik Motor Listrik Smoot dan kedepannya untuk merek motor listrik lainnya.

“Smoot dan SWAP menyambut baik kolaborasi nyata dengan Grab dan PLN. Saya berharap ekosistem dari SWAP Energy dan Smoot dapat berkontribusi terhadap pengurangan polusi udara di Indonesia. Dengan beralih ke ekosistem SWAP yang ramah lingkungan serta terintegrasi dengan aplikasi pintar, driver Grab dapat mencari SWAP Poin terdekat, sehingga dapat melakukan pengiriman lebih jauh tanpa perlu khawatir kehabisan baterai serta dapat menghemat biaya transportasi sehari-hari”. Tukas Founder dan CEO PT Smoot Motor Indonesia dan SWAP Energi Indonesia, Irwan Tjahaja.

“Penting bagi kita untuk memulai langkah kecil dalam mewujudkan Indonesia yang lebih hijau dan sehat. Bersama-sama mendukung upaya pemerintah dalam mempercepat transisi kendaraan listrik dan mewujudkan sistem kendaraan listrik yang lebih terintegrasi di Indonesia pada tahun 2030” tutup Irwan.

Continue Reading

ASUS

ASUS VivoBook Pro 14X OLED, Laptop Futuristik untuk Para Kreator Muda

Published

on

asus vivobook pro 14x

Jakarta (13 Desember 2021) – ASUS resmi menghadirkan VivoBook Pro 14X OLED (N7400), salah satu laptop yang diklaim dapat menunjang poduktivitas bagi para kreator.

VivoBook Pro 14X OLED (N7400) dibekali dengan hardware yang powerful dan tampil dengan desain serta fitur yang futuristik yang dapat membantu para kreator semakin produktif.

Modern dan Powerfull

VivoBook Pro 14X OLED ditenagai oleh Intel® Core™ generasi 11 tersedia dalam dua varian, Intel® Core™ i5-11300H hingga Intel® Core™ i7-11370H. VivoBook Pro 14X OLED dilengkapi dengan berbagai fitur diantaranya Thunderbolt 4 yang dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan berbagai perangkat tambahan untuk menunjang kegiatan para kreator sehari-hari.

Di sektor grafis, perangkat ini disematkan GPU NVIDIA GeForce RTX 3050 dengan GeForce RTX Studio Driver yang dioptimalisasi untuk software kreatif seperti photo dan video editor.

Untuk mendukung prosesor yang high-performance, VivoBook Pro 14X OLED dipadukan dengan memori DDR4 3200MHz berkapasitas 16GB serta penyimpanan menggunakan PCIe SSD berkapasitas hingga 1TB.

Pada bagian pendinginan, laptop ini dipasangi dengan sistem pendingin ASUS IceCool Plus generasi terbaru. Pengguna VivoBook Pro 14X OLED (N7400) dapat mengontrol performa laptopnya melalui aplikasi ProArt Creator Hub yang juga berfungsi sebagai pusat kontrol untuk laptop ini.

Terdapat empat profil performa yang bisa dipilih pengguna di VivoBook Pro 14X OLED (N7400), mulai dari mode Whisper untuk menghemat baterai dan operasional senyap, mode Standard, Performance, hingga Full Speed yang dapat menghadirkan performa maksimal.

Dirancang untuk Para Kreator

Sesuai dengan namanya, VivoBook Pro 14X OLED menggunakan layar berteknologi ASUS OLED. Layar ASUS OLED diklaim memiliki tingkat reproduksi warna yang sangat tinggi, yaitu 100% pada color space DCI-P3 atau setara dengan 133% sRGB. Layarnya juga telah dikalibrasi secara presisi dan mengantongi sertifikasi PANTONE Validated.

layarnya memiliki refresh rate 90Hz dan response time hanya 0,2ms, yang akan memanjakan para video editor dan animator. layar 14-inci VivoBook Pro 14X OLED (N7400) juga memiliki resolusi tinggi yaitu 2,8K (2880×1800 pixel) dan mengusung aspect ratio 16:10.

layar ASUS OLED di VivoBook Pro 14X OLED (N7400) memiliki paparan radiasi cahaya biru yang merusak mata hingga 70% diklaim lebih rendah. ASUS OLED telah mendapatkan sertifikasi low-blue light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland.

Konektivitas

ASUS menyematkan beragam opsi konektivitas mulai dari port Thunderbolt 4 (USB Type-C) yang mendukung fitur USB Power Delivery hingga 100W serta DisplayPort merupakan bagian di laptop ini. Selain itu terdapat pula USB Type-A, HDMI, MicroSD card reader, dan 3.5mm combo audio jack untuk menghubungkan berbagai perangkat eksternal lainnya.

di segi nirkabel, VivoBook Pro 14X OLED (N7400) didukung oleh teknologi WiFi 6 (802.11ax) serta Bluetooth 5.0. Laptop ini juga memiliki sensor pembaca sidik jari (fingerprint sensor) yang didukung fitur Windows Hello dan penutup kamera webcam untuk membantu menjaga privasi pengguna.

ASUS DialPad

ASUS DialPad merupakan fitur yang baru dan belum pernah ada sebelumnya. Fitur ini membantu para kreator untuk bekerja secara lebih efektif saat berkarya melalui kontrol DialPad virtual.

ASUS DialPad dapat digunakan untuk mengontrol berbagai fitur-fitur yang ada di aplikasi kreatif yang sebelumnya sering diakses menggunakan mouse dan keyboard seperti mengganti ukuran brush di Adobe Photoshop atau melakukan scrubbing pada timeline di Adobe Premiere.

Saat ini ASUS DialPad kompatibel dengan empat aplikasi kreatif Adobe, yaitu Photoshop, Lightroom Classic, After Effect, dan Premiere Pro. Para kreator juga dapat mengatur konfigurasi serta fitur apa saja yang dapat diakses melalui aplikasi ProArt Creator Hub.

Kreator yang menggunakan VivoBook Pro 14X OLED (N7400) juga akan menikmati layanan Adobe Creative Cloud secara cuma-cuma selama tiga bulan.

Main Spec.VivoBook Pro 14X OLED (N7400)
CPUIntel® Core™ i7-11370H Processor 3.3 GHz (12M Cache, up to 4.8 GHz)

Intel® Core™ i5-11300H Processor 3.1 GHz (8M Cache, up to 4.4 GHz)

Operating SystemWindows 10 (Upgradable to Windows 11)

Windows 11

Memory16GB DDR4 3200MHz (dual channel)
Storage512GB PCIe® Gen3 x4 SSD

1TB PCIe® Gen3 x4 SSD

Display14”, 2.8K (1920 x 1080) 16:10, OLED, 100% DCI-P3, 90Hz, PANTONE Validated, VESA HDR True Black, TÜV Rheinland low-blue light, anti-flicker
GraphicsNVIDIA GeForce RTX 3050 with Studio Driver

Intel Iris Xᵉ integrated GPU

Input/Output1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x Thunderbolt™ 4 supports display and power delivery, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
CameraHD Web Camera with privacy shutter
ConnectivityWi-Fi 6(802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
AudioBuilt-in array microphone qith AI noise-cancelling, harman/kardon certified audio
Battery63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension31.74 x 22.85 x 1.79 ~ 1.79 cm
Weight1.45 Kg
ColorsComet Grey, Cool Silver
PriceRp16.799.000 (Core i5 / 512GB SSD)

Rp19.799.000 (Core i7 / 1TB SSD)

Warranty2 tahun garansi global
Continue Reading

ASUS

Cara Aktifkan Airtrigger5 pada Asus ROG Phone 5s

Published

on

Berikan sensasi tersendiri saat bermain game, Asus Repiblic Of Gamers luncurkan smartphone Asus ROG Phone 5 Series. Dibekali dengan prosessor Qualcomm Snapdragon 888 Plus 5G yang membawa Asus ROG Phone 5 Series menjadi smartphone terbaik di lini ROG Phone.

Kali ini kita bakal bongkar tuntas Asus ROG Phone 5s saat digunakan untuk bermain game. Asus ROG Phone 5s memang dirancang khusus untuk para gamers sehingga terdapat tombol khusus untuk memberikan kemudahaan saat bermain game.

Terdapat airtriger5 yang tersembunyi disisi pojok atas saat smartphone kita miringkan. Tombol tersembunyi ini sebagai tombol L1 dan R1. Untuk mengaktifkannya kalian perlu menyalakan dan mengaturnya di pengaturan game control.

Simak cara mengaktifkan air trigger 5 pada Asus ROG Phone 5s

1. Langkah pertama kalian masuk ke game yang ingin kalian mainkan dalam hal ini saya memberikan contoh PUBG Mobile.

2. Kemudian kalian geser bagian kiri sehingga muncul menu pengaturan “Game Genie”

3. Kemudian kalian tekan menu “Quick control” sehingga muncul seperti pada gambar.

4. Aktifkan tombol sebelah kanan agar airtrigger 5 dapat berfungsi.

5. Kalian bisa mengatur tata letaknya sesuai dengan control mana yang anda inginkan.

Itulah tadi cara mengaktifkan Airtrigger pada Asus ROG Phone 5s agar dapat berfungsi saar anda gunakan untuk bermain game. Selamat mencoba.

Continue Reading

GADGET

Ketahui Perbedaan 32 Bit dan 64 Bit Pada Windows Agar Tidak Keliru!!

Published

on

perbedaan windows 32 bit dan 64 bit

Windows OS merupakan sistem operasi komputer yang banyak digunakan saat ini. tetapi tahukah kalian kalau sampai saat ini Windows menggunakan basis sistem 32 bit dan 64 bit. Perbedaan 32 bit dan 64 bit terletak pada performa dan dukungan saat menjalankan hardware komputer, laptop maupun smartphone.

Jika dilihat secara sekilas, memang benar perbedaan keduanya tidak akan terlihat kasat mata. Perlu dilihat lebih lanjut untuk mengetahuinya dengan cara mengecek fungsi, hadware, software dan performanya.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit

#1. Kompatibilitas Software

Windows dengan sistem 64 bit lebih unggul dalam hal kompatibilitas atau dukungan software daripada Windows 32 bit. Jika perangkat kamu menggunakan sistem 32 bit, kamu akan kesulitan ketika ingin menjalankan software atau aplikasi 64 bit. Namun sebaliknya, jika perangkatmu sudah menggunakan sistem 64 bit akan lebih leluasa karena dapat menjalankan aplikasi 32 bit maupun 64 bit.

#2. Kemampuan Mengolah Data

Istilah “bit” sebenarnya merujuk pada satuan data. angka 32 bit dan 64 bit pada dasarnya mewakili dari jumlah data yang dapat diproses oleh sistem perangkat dalam satu kurun waktu. Jadi komputer 32 bit dapat melakukan proses hingga 232 data, sedangkan untuk komputer 64 bit dapat melakukan pemrosesan hingga 264 data dalam satu waktu.

#3. Performa 32 bit dan 64 bit

Perangkat yang sudah mendukung sistem 64 bit sudah pasti memiliki performa yang powerfull dibandingkan 32 bit. hal ini berkaitan dengan dukungan prosesor yang tertanam didalam perangkat. Perangkat yang sudah dibekali dengan teknologi prosesor 64 bit tentunya memiliki kemampuan yang lebih baik dikarenakan prosesor 64 bit merupakan versi terbaru dan pengembangan dari versi 32 bit.

Prosesor 64 bit cocok digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi terbaru dan untuk pekerjaan menengah-berat, sedangkan untuk prosesor 32 bit cocok untuk kebutuhan perangkat dengan pekerjaan yang ringan saja.

#4. Kapasitas RAM

Random Access Memory atau biasa disingkat dengan RAM merupakan perangkat atau hardware yang terdapat di dalam sebuah perangkat gadget seperti laptop, desktop, maupun smartphone. RAM ini memiliki sebagai tempat penyimpanan data sementara atau mudahanya, RAM digunakan untuk sarana mengakses aplikasi yang sedang digunakan.

Sistem dengan 64 bit memiliki jumlah batasan RAM yang lebih besar dibandingkan 32 bit. Jika sistem operasi 32 bit hanya mampu berjalan secara optimal dengan dukungan RAM maksimal 4 GB, sementara sistem 64 bit dapat dukungan RAM lebih dari 4 GB.

Bagi kalian yang ingin menjalankan aplikasi terbaru dan membutuhkan RAM dengan kapasitas yang besar, maka sistem 32 bit kurang cocok untuk digunakan.

Kelebihan dan Kekuragan

Berikut ini telah kami sajikan kelebihan dan kekurangan Windows 32 bit dengan 64 bit sebelum anda memtuskan untuk menggunakan salah satunya.

Kelebihan Windows 32 Bit

  • Cocok digunakan untuk perangkat laptop atau komputer dengan seri-seri lama
  • Mendukung pemakaian driver-driver perangkat yang lebih lama
  • Kompatibel dengan aplikasi atau software lama yang tidak terlalu membutuhkan RAM yang besar.
  • Dapat berjalan dengan optimal meskipun dukungan RAM yang hanya sampai 4 GB.

Kekurangan Windows 32 Bit

  • Dukungan RAM terbatas, maksimal hanya sampai 4 GB saja
  • Dukungan software yang semakin sedikit. Saat ini kebanyakan developer atau pengembang aplikasi sudah tidak mensupport sistem 32 bit lagi.
  • Tidak bisa digunakan untuk pekerjaan berat seperti editing, rendering dsb.

Kelebihan Windows 64 Bit

  • Lebih powerfull secara kinerja dan efisien karena merupakan pengembangan dari versi 32 bit
  • Mampu menjalankan aplikasi yang berbasiskan 32 bit tanpa khawatir adanya crash system
  • Didukung dengan software-software terbaru
  • Cocok untuk pekerjaan berat, karena kinerja prosesor yang lebih optimal dan dukungan RAM yang lebih besar, lebih dari 4 GB
  • Kompatibel dengan perangkat gadget versi terbaru

Kekurangan Windows 64 Bit

  • Tidak cocok digunakan untuk perangkat dengan versi-versi lama
  • Tidak akan berjalan optimal dengan RAM 2 GB, disarankan menggunakan RAM lebih dari 4 GB.

Perbedaan 32 bit dan 64 bit terletak pada performa dan dukungan saat menjalankan hardware komputer, laptop maupun smartphone.

 

Continue Reading
Advertisement

Kabar Inspiratif

Advertisement

Trending