Connect with us

Berita Terkini

Tips Menghindari Informasi Hoax Seputar Covid-19

Published

on

Cara menghindari informasi hoax covid 19

Saat ini, pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum usai, Dan Di tengah pandemi virus corona covid-19, makin banyak saja berita hoaks yang berseliweran di media sosial, seperti Facebook Twitter,instagram mupun media sosial lain. Dan Kabar hoaks ini tentunya menimbulkan banyak keresahan bagi para pembacanya.

Lantas, bagaimana cara membedakan informasi asli dengan kabar hoaks yang sering beredar di media sosial? Kali ini kami akan menyampaikan beberapa poin atau hal yang dapat dilakukan, agar kita terhindar dari informasi hoax.

1. Berhati-hati dengan Judul yang Provokatif

Membaca judul sebuah artikel merupakan cara yang sangat mudah untuk mengetahui kebenaran dari faktanya. Biasanya, berita hoaks menggunakan judul yang sangat provokatif dan bombastis untuk menarik emosi pembaca.

Saat judulnya provokatif, biasanya isi berita menggunakan format penulisan yang asal-asalan. Banyak berita hoaks yang semua hurufnya menggunakan kapital dan di-bold. jadi intinya jangan mudah terprofokasi dengan judul.

2. Perhatikan Situs Berita

Jika ada sebuah artikel, kita harus perhatikan sumber beritanya. Apakah itu dari media mainstream atau bukan. Bila bukan media yang kredibel, bisa saja itu menjadi kabar bohong atau hoax.

Biasanya, berita hoaks tentang virus corona yang bukan dari media kredibel menggunakan domain ber-akhiran blog (ex : Blogspot.com). Biasanya, media kredibel menggunakan domain yang ber-akhiran .com atau co.id. Namun, kita mesti cermat juga, karena ada juga yang mengatasnamakan media kredibel, meski domainnya menggunakan blog. Intinya kita jangan langsung percaya dengan satu blog saja, alangkah baiknya kita juga cek blog lain yang lebih kredibel dan terpercaya.

3. Konfirmasi Berita Ke covid19.go.id

Sebenarnya Pemerintah indonesia punya website resmi yang mengabarkan berita baru tentang virus corona, yakni di website covid19.go.id. Di akun ini juga ada kanal Hoax Buster yang terletak di bagian kanan atas.

Di kanal Haox Buster sendiri, ada banyak informasi yang salah beredar di masyarakat. Dan dari sini, kita bisa menelusuri berbagai kabar mengenai virus corona. Dan dari situ maka kita bisa tau, mana berita yang benar-benar fakta dan mana yang hoax.

4. Cek Keaslian Foto atau Gambar

Di grup WhatsApp, biasanya ada berbagai foto, baik itu benar atau sudah dimanipulasi. dan dari hal tersebut, maka kita , dapat mengecek keasliannya dengan menggunakan situs pencarian Google Image.

Caranya pun sangat mudah, kita tinggal memasukkan foto ke Google dengan memilih Gambar di kanan bagian atas. Setelah itu, klik gambar kamera di kolom pencarian dan upload fotonya.

Setelah itu Google bakal menampilkan hasil pencarian berupa foto yang sama dan situs mana saja yang telah memuat foto tersebut. Dan Cara seperti ini bisa membantu mengidentifikasi foto yang telah diedit atau disalahgunakan untuk berita yang salah.

5. Bergabung dengan Grup Anti-hoaks

Di media sosial , seperti Facebook atau media sosial lain sudah ada beberapa grup anti-hoaks, beberapa contoh di antaranya adalah Forum Anti Fitnah, Turn Back Hoax, hingga Mafindo atau (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia).  Di Grup-grup tersebut membahas banyak hoaks yang terjadi di Indonesia, tidak hanya virus corona, melainkan juga informasi yang lain.

6. Memeriksa Akurasi Fakta

Memeriksa akurasi fakta dapat dilakukan dengan mengetikkan judul berita tersebut di Google , ataupun menggunakan kata kuncinya sangatlah penting. Misalnya, Anda bisa mencari: “virus corona menular melalui udara”. Dan Saat daftar berita bertopik sama muncul, pilih situs yang kredibel. Dan dengan membaca dan membuka situs tersebut, maka kemungkinan informasi yang disampaikan adalah fakta, bukan hoax.

 

Kesimpulannya adalah kita dalam menerima sebuah informasi, hendaknya crosscek terlebih dahulu di sumber sumber yang benar kredibel, serta jangan langsung percaya dengan tagline judul, karena itu belum tentu valid dan benar, dan cara seperti ini bertujuan supaya kita mendapatkan informasi yang benar dan bermanfaat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkini

Sinergi Smoot, SWAP, Grab, dan PLN Dukung Ekosistem Motor Listrik di Indonesia

Published

on

Jakarta, 21 Maret 2022 – Smoot Motor, SWAP Energi, Grab dan PLN bersinergi untuk mempercepat pembangunan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi di Indonesia. Melalui kolaborasi ini, keempat perusahaan menyatukan peran strategis dalam melakukan langkah nyata menciptakan kendaraan ramah lingkungan yang terjangkau bagi semua kalangan.  Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan RI yang diwakilkan oleh Ir. Danto Restiawan, M.T,  menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman dalam acara bertajuk  “Ride to The Future”. Melalui upaya ini Smoot, SWAP, Grab dan PLN ingin mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi emisi karbon hingga 41% pada tahun 2030, hal tersebut selaras dengan #LangkahHijau Grab dalam pelestarian lingkungan.

Smoot Motor Indonesia yakin bahwa sinergi dengan PLN dan Grab dapat berhasil dengan dukungan dari semua pihak untuk bisa memberikan solusi terbaik bagi aktivitas pengendara motor listrik di Indonesia. Dimana kendaraan yang bebas emisi, cepat, aman, dan nyaman merupakan keunggulan Smoot Motor Listrik. PLN juga sependapat bahwa kolaborasi dengan Smoot, SWAP dan Grab merupakan bagian dari rencana Infrastruktur Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Nasional Dua Roda dalam rangka percepatan adopsi kendaraan listrik melalui konversi Energi Berbasis Import BBM ke Motor Listrik.

 

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN yang diwakilkan oleh Bapak Hikmat Drajat selaku EVP Pemasaran dan Pengembangan Produk PT. PLN (Persero) melalui kolaborasi ini, diharapkan dapat mengakselerasi pengunaan kendaraan bermotor listrik sehingga dapat memperkuat ketahanan energi di Indonesia.

“Kerja sama ini merupakan langkah awal dari inovasi yang dapat diperluas dan dikembangkan guna saling memperkuat value dan manfaat bagi penguatan ekosistem kendaraan bermotor listrik di Indonesia. Upaya ini untuk mengalihkan energi berbasis impor ke energi domestik, dari energi fosil ke energi terbarukan” tutur Hikmat.

Sementara itu, Grab sebagai operator kendaraan listrik berbasis ride-hailing terbesar di Indonesia terus berupaya mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik. Sejak diluncurkan pada 2019, sudah ada 8.500 kendaraan listrik dengan dominasi pada kendaraan roda dua yang mengaspal di Indonesia, dengan jumlah tersebut kita sudah membantu mengurangi emisi CO2 hingga 4.600 kg, setara dengan menanam 260.000 pohon. Tak hanya berdampak positif pada lingkungan, kehadiran armada listrik juga membuka peluang baru bagi mitra pengemudi. Grab mengoperasikan armada kendaraan listrik dengan skema rental, dimana Grab membeli motor listrik dari produsen, kemudian menyewakannya per hari, dengan demikian mitra pengemudi dapat berhemat karena pemeliharaan motor ditanggung Grab.

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia menambahkan, “Sinergi antara pelaku bisnis yang hadir pada kesempatan hari ini merupakan langkah strategis karena masing-masing memiliki peran penting dalam mendukung percepatan pembangunan ekosistem kendaraan listrik, mulai dari penyediaan armada dan infrastruktur, hingga pengoperasian.  Hal ini juga sejalan dengan salah satu fokus Pemerintah pada perhelatan G20 Presidensi Indonesia, yaitu transisi energi. Kami menargetkan menghadirkan total 14.000 armada kendaraan listrik pada akhir tahun ini sebagai upaya mendorong perkembangan ekosistem kendaraan listrik tanah air.”

Sebagai bentuk kontribusi nyata, Smoot berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan motor listrik untuk armada Grab secara maksimal melalui varian Tempur. Varian ini merupakan kendaraan listrik roda dua yang sudah dilengkapi sistem tukar baterai dari SWAP. Driver Grab kini tidak perlu lagi melakukan proses cas baterai berjam-jam atau takut kehabisan baterai di jalan. Cukup tukar baterai 9 detik di titik penukaran (SWAP Poin) terdekat untuk melanjutkan perjalanan.

SWAP juga telah menyediakan lebih dari 400 titik SWAP Poin yang telah tersebar melalui jaringan Alfamidi, Alfamart, dan Shell untuk area Jabodetabek. Dan di Bali, puluhan SWAP Poin telah tersebar di berbagai titik strategis hasil kerjasama dengan Circle-K. SWAP Poin dapat dengan mudah ditemukan melalui Aplikasi SWAP Energi. Selain untuk menemukan SWAP Poin terdekat, Aplikasi SWAP Energi yang terhubung ke Smoot Motor Listrik juga memiliki berbagai fitur seperti cek kondisi motor, booking baterai, hingga dapat mematikan motor dari jarak jauh sebagai salah satu sistem keamanan. Bekerja sama dengan PLN, SWAP Energi juga akan memperluas jaringan SWAP Poin dengan menambahkan semakin banyak lagi titik strategis untuk pemilik Motor Listrik Smoot dan kedepannya untuk merek motor listrik lainnya.

“Smoot dan SWAP menyambut baik kolaborasi nyata dengan Grab dan PLN. Saya berharap ekosistem dari SWAP Energy dan Smoot dapat berkontribusi terhadap pengurangan polusi udara di Indonesia. Dengan beralih ke ekosistem SWAP yang ramah lingkungan serta terintegrasi dengan aplikasi pintar, driver Grab dapat mencari SWAP Poin terdekat, sehingga dapat melakukan pengiriman lebih jauh tanpa perlu khawatir kehabisan baterai serta dapat menghemat biaya transportasi sehari-hari”. Tukas Founder dan CEO PT Smoot Motor Indonesia dan SWAP Energi Indonesia, Irwan Tjahaja.

“Penting bagi kita untuk memulai langkah kecil dalam mewujudkan Indonesia yang lebih hijau dan sehat. Bersama-sama mendukung upaya pemerintah dalam mempercepat transisi kendaraan listrik dan mewujudkan sistem kendaraan listrik yang lebih terintegrasi di Indonesia pada tahun 2030” tutup Irwan.

Continue Reading

Berita Terkini

Cekrekening.id, Portal Cek Rekening Bank Untuk Kenyamanan dan Keamanan Dalam Bertransaksi

Published

on

Saat ini, transaksi jual-beli secara online semakin diminati oleh masyarakat seiring dengan kemajuan perkembangan teknologi. Transaksi dengan sistem online dianggap lebih praktis untuk dilakukan.

Meskipun dapat memudahkan konsumen, saat ini ramai penipuan dengan modus transaksi jual-beli secara online dan terkadang tidak sedikit pula konsumen yang tertipu oleh penjual yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, kita dituntut untuk sigap dan waspada dalam bertransaksi secara daring.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan sebuah situs resmi yang difungsikan sebagai portal untuk melakukan pengumpulan database rekening bank diduga terindikasi tindak pidana.

CekRekening.id merupakan Situs Resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang difungsikan sebagai portal untuk melakukan pengumpulan database rekening bank diduga terindikasi tindak pidana.

Siapapun dapat berpartisipasi dan membantu sesama pengguna transaksi elektronik dengan melaporkan rekening yang terindikasi digunakan tindak pidana demi menciptakan lingkungan e-commerce yang sehat, aman, dan nyaman.

Cara Cek Rekening

Jika anda ingin melakukan transaksi ke rekening yang anda baru kenal, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu rekening tujuan untuk memastikan transaksi anda aman.

#1. Kunjungi situs resmi CekRekening.id Kominfo di https://cekrekening.id/home

#2. Pilih Periksa Rekening

#3. Pilih NAMA BANK dan masukan nomor rekening

#4. Centang “I’m not a robot” dan klik “Submit”.

Cara Melaporkan Rekening Yang Terindikasi Penipuan

#1. Kunjungi situs resmi CekRekening.id Kominfo di https://cekrekening.id/home

#2. Pilih Laporkan Rekening

#3. Isi formulir data rekening yang ingin dilaporkan

#4. Lengkapi biodata terlapor dan pelapor

#5. Jelaskan kronologi kejadian dan unggah bukti kejadian

#6. Terakhir centang “I’m not a robot” dan klik “Submit”.

Semua Laporan yang masuk CekRekening.id akan melalui proses verifikasi terlebih dahulu dan membutuhkan informasi pribadi yang mesti diisi selanjutnya.

Fitur Daftarkan Rekening

Fitur ini diperuntukkan bagi pelaku usaha maupun penyelenggara donasi untuk melakukan verifikasi rekening mereka untuk membuktikan kepada calon konsumen bahwa rekening mereke terpercaya.

Fitur ini memungkinkan pelaku usaha maupun penyelenggara donasi agar mendapatkan centang biru (bluecheck) dan tautan (link) tertentu, tanda bahwa rekening telah terverifikasi identitasnya.

Pelaku usaha maupun penyelenggara donasi bisa mendaftarkan rekeningnya secara online yang kemudian oleh tim verifikator cekrekening.id, pemohon akan diundang untuk melakukan verifikasi identitas, dokumen usaha (jika ada), dan interview dengan tatap muka secara offline.

Pengajuan Sanggahan.

Pelaku usaha maupun penyelenggara donasi yang nama dan rekeningnya masuk dalam blacklist dalam layanan ini berhak mengajukan sanggahan atas laporan masyarakat dan meminta rekeningnya dikeluarkan dalam database daftar blacklist/pengaduan (normalisasi).

Pemilik rekening dapat melaporkan ke e-mail cekrekening@kominfo.go.id atau datang langsung ke kantor Kominfo dengan membawa atau melampirkan bukti-bukti penyanggahan.

Continue Reading

Berita Terkini

DOSS Camera & Gadget Hadirkan Toko Baru di Kemang

Published

on

DOSS Camera & Gadget kini hadir di Kemang, Jakarta Selatan. Untuk ketiga kalinya di tahun 2021, toko kamera terbesar di Indonesia ini semakin mendekatkan diri ke para pelanggan setianya yang akrab dipanggil dengan sebutan Sahabat DOSS.

 

DOSS Kemang, secara resmi dibuka langsung oleh Tahir Matulatan selaku CEO dan Founder dari DOSS Camera & Gadget pada 16 Desember 2021. “Besar harapan kami untuk bisa memajukan industri kreatif Indonesia dengan memberikan pengalaman berbelanja yang asyik di area Kemang. Satu area yang dipercaya ada banyak sekali rumah-rumah produksi.” kata Tahir di sela-sela acara pembukaan DOSS Kemang. Lebih lagi, DOSS hanya menjual produk-produk digital kamera dan aksesoris bergaransi resmi. Lalu toko kamera ini juga memberikan Layanan Edukasi dan Benefit Berbelanja yang berlimpah untuk mendukung para fotografer, videografer serta para content creator di Tanah Air melalui konsep Digital One Stop Solution.

Pembukaan outlet DOSS Camera & Gadget di Jalan Kemang Raya No. 49 didukung dan dihadiri oleh para principal dari brand-brand alat fotografi dan videografi ternama seperti, Sony, Fujifilm, Canon, Nikon, Lumix, dan aksesoris berkualitas tinggi dari brand ternama lainnya. Misalnya saja brand Godox yang ditawarkan oleh DOSS sebagai photo lighting solution terbaik dikelasnya. Ada juga brand DJI yang menghadirkan teknologi drone terkini untuk memenuhi kebutuhan di bidang aerial videography.

 

Tidak kalah pentingnya, dengan hadirnya DOSS Kemang semakin membuka peluang bagi para fotografer dan videographer professional, content creator, serta sahabat DOSS yang ingin berkolaborasi untuk senantiasa berkembang bersama DOSS. Pada pembukaan cabang baru DOSS Camera & Gadget Kemang hadir dengan memberikan berbagai macam promo menarik ! #LebihAsikBelanjaDiDOSS

DOSS Camera & Gadget akan meramaikan dunia fotografi dan videografi di Indonesia dengan mengadakan event yang pertama kali akan dilakukan di Indonesia, DOSS Photolympic. Rangkaian acara ini akan meriahkan dengan lomba fotografi, workshop, dan berbagai macam kegiatan menarik lainnya yang telah dijadwalkan pada awal tahun 2022. Semakin berkembangnya DOSS Camera & Gadget memiliki visi untuk memfasilitasi para mahasiswa/I dari berbagai Universitas dan Lembaga Studi untuk terus membantu para pelajar untuk meningkatkan minat dan bakat mereka di dunia kreatif fotografi dan videografi dengan mengadakan hunting, workshop dan bermacam-macam acara lainnya yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas dari karya mereka.

 

Bagi warga kota Jakarta Selatan dan sekitarnya ayo main ke DOSS Camera & Gadget Kemang atau bisa juga melalui online store kami di www.doss.co.id dan nikmati pengalaman berbelanja yang lebih asik karena DOSS memberikan fasilitas Extended Warranty yang tidak akan ditemukan di toko kamera lainnya, dan DOSS sebagai toko kamera pertama di Indonesia yang memberikan pengalaman berbelanja dengan benefit-benefit seperti, DOSS Protection, 14 Hari Tukar Baru, Price Match Guarantee, DOSS School, dan juga undian berhadiah (DOSS Kuahku), sampai pengalaman belanja Coba Dulu Baru Beli

Continue Reading

Berita Terkini

Memajukan Kota Melalui Gerakan Smart City

Published

on

Masyarakat kini telah banyak memanfaatkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan sudah banyak kota-kota di Indonesia yang telah memanfaatkan teknologi sebagai pendukung sarana dan prasarana kota.

Bahkan Kementrian Komunikasi dan Informasi mencanangkan akan terus mendukung dan mengembangkan kota cerdas melalui Gerakan Smart City, Menkominfo Johnny G. Plate juga menegaskan bahwa keberadaan smart city di Indonesia akan menjawab tantangan kependudukan yang diproyeksikan pada tahun 2045 sebanyak 82,37% populasi akan hidup di pusat perkotaan.

Tahun 2021, Kementerian Kominfo juga mengembangkan smart city menjangkau Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

“Ini terjadi urbanisasi, untuk itulah diperlukan strategi pengembangan kota yang akomodatif terhadap perkembangan zaman, dan pengembangan kota cerdas atau smart city melalui Gerakan Menuju Smart City menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh kita bersama, yang diinisiasi oleh Kementerian Kominfo,” ujarnya dalam Indonesia Smart City Conference, Forum Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Pameran Smart City, di ICE BSD Tangerang, Selasa (14/12/2021).

Menteri Johnny menyatakan pengembangan smart city menjadi bagian dari utilisasi teknologi digital dalam pengelolaan kota moderen. Menurutnya, smart city juga merupakan salah satu aktualisasi dari transformasi digital yang inovatif dan solutif.

“Hal itu dilihat dari tingkat penetrasi internet yang terus meningkat di Indonesia. Penetrasi internet di Indonesia di awal januari 2021 mencapai 73,3% dari jumlah populasi penduduk kita, atau setara dengan 202,7 juta masyarakat pengguna. Maka utilisasi layanan digital secara nasional juga akan terus dan semakin meningkat,” jelasnya.

Menkominfo mendorong pemerintah daerah untuk memanfaatkan teknologi digital, termasuk Internet of Things (IoT) dalam membuat terobosan baru atau smart solution. Sejalan dengan arus digitalisasi, hal itu dibutuhkan untuk meningkatkan produktifitas serta optimalisasi layanan pada masyarakat.

“Teknologi Internet of Things akan mengalami perkembangan pesat di tahun 2025, di mana akan terdapat 41,6 M perangkat IoT yang terpasang secara global. Di Indonesia, jumlah perangkat IoT diperkirakan mencapai 400 juta perangkat di tahun 2022, dan akan meningkat menjadi 678 juta perangkat tahun 2025 dengan hadirnya 5G,” ujarnya.

Menurut Menteri Johnny, nilai pangsa pasar IoT di Indonesia juga akan mengalami peningkatan sebesar dari Rp355 triliun pada tahun 2022 dan mencapai Rp557 triliun di tahun 2025. Selain itu, kedepannya akan terjadi peningkatan volume data yang sangat signifikan.

“Contoh, sebuah smart city atau kota cerdas dengan satu juta penduduk dapat menghasilkan 200 petabyte data setiap harinya,” tandasnya.

Kepada pemerintah daerah, Menkominfo juga memaparkan upaya Pemerintah dalam menghadirkan teknologi 5G di Indonesia sebagai dukungan pengembangan ekosistem IoT di Indonesia.

“Setelah lebih dari 11 kali testing, 5G sudah rollout di Indonesia, lisensi operasi komersial telah diberikan kepada tiga operator nasional dan saat ini sedang membangun di 9 kota aglomerasi yang tentu akan mendorong dan meningkatkan pemanfaatan IoT,” jelasnya.

Continue Reading
Advertisement

Kabar Inspiratif

Advertisement

Trending