Connect with us

HIBURAN

Kini “Mereka” Taklagi Seperti Dulu

Published

on

Pers Mahasiswa adalah suatu wadah atau sarana sebagai penunjang kreatifitas mahasiswa di bidang jurnalistik sekaligus tempat untuk menyalurkan ide-ide kreatif melalui kepenulisan baik di bidang ilmiah (non sastra) maupun sastra dan mengaktualisasikan permasalahan di tingkat fakultas, universitas bahkan nasional.
 
Peran dan fungsi pers mahasiswa mengalami banyak perubahan sejak orde lama hingga era reformasi. Sejak jaman penjajahan fungsi pers mahasiswa adalah sebagai media pembantu untuk mengusir para kolonial yang menguasai Indonesia, setelah itu pers mahasiswa menjadi media informasi sekaligus penyebar utama proklamasi Republik Indonesia sehingga terdengar sampai penjuru nusantara, dan saat ini pers mahasiswa berubah fungsi sebagai pengontrol kebijakan-kebijakan yang di terapkan oleh kampus maupun kebijakan mahasiswa, sekaligus menjadi sarana menyambung lidah dan memperjuangkan kepentingan-kepentingan kubu yang benar. 
 
Sejak berdiri, pers mahasiswa sudah menunjukan ciri khas yang berbeda dari pers pada umumnya sikap kritisnya yang konsisten, salah satunya. Banyak manfaat yang diperoleh dari keberadaan pers mahasiswa untuk meningkatkan kepemimpinan diri, memecahkan masalah, jujur, objektif, seimbang, terbuka, dan dapat melihat persoalan dari berbagai sudut pandang.
 
Namun pada saat ini, kita tahu bahwa negara Indonesia sudah lebih demokratis dibandingkan jaman-jaman dulu saat pers mahasiswa begitu berpengaruh besar dalam perubahan dan juga perjalanan panjang bangsa Indonesia hingga sekarang. Timbul lah pertanyaan apakah pers mahasiswa masih berpengaruh besar terhadap perkembangan pers di Indonesia ataupun kampus jika dalam lingkup intern?
 
Sebanyak apapun perubahan yang terjadi di Indonesia kini berpengaruh terhadap kebijakan maupun civitas akademik kampus di berbagai nusantara, pers mahasiswa tetap jadi warna tersendiri dari bagian pers pada umumnya karena pers mahasiswa tetap konsisten dengan prinsipnya yaitu jurnalisme kerakyatan. Pers mahasiswa juga masih sangat menunjang tinggi jurnalisme kerakyatan yang menyajikan informasi tanpa dalih untuk mendapatkan keuntungan, hal ini lah yang membedakan antara pers umum dengan pers mahasiswa.
 
Tapi, tidak semua pers mahasiwa yang berada di Universitas yang ada di Indonesia memiliki kebebesan independen untuk melindungi konsep mutlak dari pers mahasiswa itu sendiri. Masih banyak di jaman ini kampus yang kebebasannya di larang atau barangkali bisa di liput dan diterbitkan tapi dengan syarat tertentu dari petinggi atau atasan, sehingga kebenaran dan pembuktian dari pers itu sendiri masih perlu di pertanyakan.
 
Seharusnya karena saat ini kebebasan pers sudah berlaku dan merupakan wujud perlindungan pers mahasiswa itu sendiri adalah ajang untuk menguatkan prinsip pers mahasiswa sebagai media penyambung lidah dan mengkritisi suatu kejanggalan-kejanggalan yang ada di kampus baik internal maupun eksternal seperti ranah nasional. Dengan kebijakan kebebasan pers harusnya membuat pers mahasiwa tidak berada di bawah tekanan atasan dengan berdalil takut dikeluarkan dari kampus atau sebagainya, karena adanya kebebasan pers merupakan sebuah perlindungan dari tindak ancaman seperti demikian dan sebagainya.
 
Jadi untuk menegaskan bahwa pers mahasiwa masa kini itu masih bersih dari tuduhan-tuduhan di bawah wewenang atasan yang berkepentingan yaitu pers mahasiswa masa kini harus tetap teguh menegakan prinsip pers mahasiswa yang jujur, terbuka, kritis, dan independen bebas dari kontaminasi pihak yang memiliki kepentingan tertentu. Dengan prinsip independen yang terus di pegang teguh oleh pers mahasiswa membuatnya terus dibutuhkan untuk menyajikan informasi secara mendalam dan berimbang.
 
Di tengah-tengah konglomerasi media saat ini, pers mahasiswa menjadi alternatif lain sebagai tempat merujuk informasi yang lebih objektif, terkait dengan tujuan dari pers mahasiswa yang tidak berorientasi kepada keuntungan ekonomi semata sehingga harapannya tidak mudah terintervensi oleh kepentingan lain. Jadilah anggota dari pers mahasiswa yang baik dan terus membawa kebaikan.
 
Tentang Penulis: Maharani Auliya Agustin akrab disapa Maharani,
Mahasiswa UIN Jakarta fak. Adab dan Humaniora, penerima beasiswa BIDIKMISI 2017
.
E-mail: maharaniaa88@gmail.com

Editor: www.kitayangmuda.com

 

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Nfhabibah

    November 24, 2018 at 1:25 pm

    Mantap jiwa,semangatterus rani

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Film

4 Pertanyaan seputar tentang Series Loki yang diperdebatkan oleh Fans ! Teori Breakdown Loki Marvel Cinematic Universe

Published

on

    pakdentertainment.com– Akhirnya series Loki sudah masuk ke Episode 6 yang merupakan Episode terakhir di Season 1 nya ini, menarik jika kita melihat Series ini yang menampilkan banyak sekali hal yang tidak terduga terjadi di Series Loki ini. Bisa dibilang ini adalah Series yang paling tidak boleh kalian lewatkan karena series ini merupakan cabang & akar permasalahan yang kemungkinan akan terjadi di Phase 4 ini. Sebelum lanjut ke pembahasan perlu Author ingatkan bahwa ini spoiler alert jadi bagi kalian yang nggak mau kena spoiler bisa skip dulu dan nikmari Seriesnya.

    1. Munculnya Organisasi TVA (Time Variance Authority) yang dipimpin oleh He Who Remains yang telah menciptakan Time Keeper Gadungan yang sempat di Gorok lehernya oleh Loki Sylvhie. Yaps, ini adalah suatu hal yang bisa dibilang agak nyeleweng dengan versi komiknya jadi banyak sekali yang mempertanyakan apakah Time Keeper benar adanya ? atau hanya Robot Android buatan manusia saja. Mungkin bisa jadi Time Keeper memang ada, namun mereka masih dalam tempat persembunyian dan belum saat nya untuk muncul. Karena bisa dibilang bahwa di Komik nanti akan ada perang besar melawan sang pencipta yang kemungkinan itu termasuk Time Keeper juga tapi ini hanya sebatas teori bisa kalian Percaya atau tidak. But, there’s still a long way to go. Mungkin diperkirakan akan masuk ke Tahun 2030 mendatang sampai itu terjadi Maybe.

    2. Kenapa Loki ada banyak Versi ? bahkan ada Buaya, Wanita dan juga Aki-aki atau bisa kita sebut Classic Loki yang juga berperan penting ketika melawan Alioth. Mungkin ini pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh Penonton Series ini. Jujur saja Author juga kurang memahami hal tersebut tapi dijelasakan bahwa mereka masuk ke TVA dengan alasannya masing-masing. Dan hal inilah yang mengharuskan mereka ditangkap. Lalu Logikanya atau Kemungkinan kenapa versi Loki itu ada banyak adalah karena Loki adalah akar Masalah yang selalu muncul di Secred Timeline. Kita tahu bahwa Time Keeper sudah menjaga Secred Timeline namun kemunculan Loki inilah yang selalu membuat Onar dan tidak bisa dikendalikan dengan Mudah dan itu terjadi sudah berulang-ulang kali hingga membuat He Who Remains lelah dan memutuskan untuk berhenti. Atau lebih tepatnya sudah ada Ratusan Cabang yang berbeda hanya karena si Loki ini. Tidak hanya itu kemungkinan juga yang ditangkap oleh TVA juga merupakan Varian yang sama dan terus terulang kembali. Jadi kesimpulannya mereka sebenarnya tidak bisa meluruskan Timeline tapi Menghapus atau Melepas Timeline bercabangnya.

    3. Di Ending Episode 6 kita tahu bahwa Sylvie telah  membunuh He Who Remains atau bisa kita sebut juga Kang The Conqueror versi Baik yang artinya Dia telah membuka Multiverse dan memunculkan Secred Timeline yang bercabang sehingga munculnya Dunia Paralel yang sangat bervariasi. Mungkin ini adalah suatu penjelasan yang cukup sulit diterima oleh banyak orang karena terkesan membingungkan. Bisa di ibaratkan ada beberapa Bumi yang beraktivitas secara bersamaan. Jadi itu lah yang disebut Dunia Paralel atau Multiverse disini. Namun di akhir kita melihat alat TVA memperlihatkan banyak akar dan cabang Timeline baru, namun Timeline Utama masih berjalan atau masih lurus, jadi masih ada kemungkinan untuk memperbaiki Time Line tersebut namun tentu Marvel tidak akan membuat hal yang semudah itu.

    4. Terakhir kita tahu Loki akhirnya kembali ke TVA dan merasa bersalah karena telah membuat bencana Multiverse di Dunia. Setelah dia sadar dia berniat menemui Hunter 15 dan Mobius. Namun ternyata mereka tidak mengenali Loki sama sekali yang artinya Loki berada di Universe lain yang berbeda dengan Universe atau Dunianya. Ini juga salah satu pertanyaan banyak orang karena yang Author tangkap di Series Loki ini adalah bahwa TVA tidak berada di Universe manapun karena itulah mereka bisa tetap mengendalikan Waktu dan mengatur Timelinenya. Namun Variant bisa masuk ke TVA kapan saja dan umurnya tetap berjalan ketika di Timeline cabang seperti contoh yaitu Sylvhie yang terus bersembunyi di Time Line kiamat sejak kecil. Jadi menurut Author, Variant Loki inilah yang nyasar ke TVA masa depan karena Rusaknya Timeline utama, yang di akhiri dengan melihat berubahnya Tempat itu menjadi lebih besar dan terlihat juga Patung Kang The Conqueror yang akhirnya diperlihatkan di Scene ini.

    Kesimpulan Author adalah bahwa sebenarnya Sacred Timeline itu sudah banyak cabangnya dikarenakan oleh Ilmuwan yaitu He Who Remains dan Varianya, Namun terjadinya Multiverse War akhirnya membuat He Who Remains baik, mencoba memperbaikinya dengan menghapus Multiverse lain dengan menggunakan Alioth. Nah, disini kita mengetahui bahwa Multiverse sudah ada dan hanya di Kiamatkan atau di Buang atau di Lepas, Intinya Secred Timeline tidak benar-benar satu tetapi ada Banyak. Sangat membingungkan bukan ?.

    Pesan Terkahir ini hanyalah sebuah teori & juga prediksi saja dari Author, Setuju atau tidak terserah kalian. Jika klian punya pertanyaan, Teori, atau penjelasan lain silahkan tulis di kolom komentar. Yang kita pahami disini adalah Marvel begitu padat dalam membuat cerita yang mengharuskan kita berfikir lebih keras lagi karena Series Loki ini masuk kategori Fiksi Ilmiah yang artinya hanyalah Khayalan manusia saja, jadi tidak bisa terpungkiri bahwa akan ada kesalahan manusia yang terjadi termasuk Teori saya. Semua tergantung pada kalian. So, Be a Smart People ! and Welcome to Marvel Cinematic Multiverse.

Continue Reading

Berita Terkini

Google Memunculkan Game JRPG ! Review Game Pulau Juara di Google

Published

on

Di Kesempatan yang bakal terlewat ini Kita akan bahas salah satu Ke-Anehan yang muncul pada beranda Browser kalian, Yaps, berubahnya Logo Google menjadi Pixelet 8 Bit Retro ala Super Mario. Tidak tunggu lama Author langsung saja mengklik logo unik tersebut dan Voilaa !! Munculah suatu animasi ala Jepang yang sangat memanjakan mata.

source : youtube

Disini Author sangat terkesima, karena jarang-jarang Google membuat animasi seperti ini di Berandanya. Awalnya saya mengira ini hanya animasi Kartun saja, namun alangkah terkejut terheran-heran ternyata ini adalah sebuah game yang bisa kalian mainkan langsung di Beranda kalian. “Wah, Google ngimpi apa kemarin kok bisa buat kayak gini”.

Game Pulau Juara ini adalah salah satu bentuk Google untuk memperingati Olimpiade Musim Panas yang diselenggarakan di Tokyo Jepang Tahun 2021, Alasan jelas mengapa Google sampai rela membuat Olimpiade itu sangat spesial masih belum diketahui, tapi yang jelas Jepang adalah salah satu negara yang memiliki kental akan Teknologi dan Budayanya sehingga ini kemungkinan menjadikan suatu alasan Goggle untuk menghadirkan Game Animenya ini.

Di Game Pulau Juara ini kita akan berperan sebagai Lucky si Kucing Oreng yang akan meraih gelarnya sebagai sang Master Olimpiade. Bisa dibilang Game Pulau Juara ini masuk Kategori Game JRPG (Jepang Role Playing Game) atau yang biasa kita sebut Game Petualangan ala Jepang. Gamenya cukup simpel dengan mekanis tombol Berjalan & Aksi saja, Misinya tentu adalah menyelsaikan tantangan Olimpiade yang tersedia dan mendapatkan Trophy dan Gulungan Suci (nggak tau namanya)

Tidak hanya Pertandingan di game ini kita juga bisa berinteraksi dengan NPC atau karakter lainya yang ada di game ini, bahkan ada beberapa NPC yang akan meminta bantuan kalian (sidequest). Setelah kalian membantu NPC tersebut kalian akan mendapat Piala yang tersimpan di sebuah gubuk sebagai Achievement atau pencapaian. Bisa dibilang ini game JRPG yang kental banget unsur Anime dan Petualanganya Pokoknya Khas Game Jepang banget ges!!

Untuk Review lebih lengkapnya kalian bisa cek Link ini : Main Game JRPG di Google ! Review Game Pulau Juara Doodle memperingati Olimpiade Tokyo 2021

Overall menarik untuk dimainkan apalagi bagi kalian yang gabut pengen coba game gratis ini silahkan gaes, Bosan kan pastinya main game Google Kadal Loncat-loncat terus wkwkwk. Masih belum diketahui Event ini kapan akan berakhir namun kemungkinan sampai Olimpiade Tokyo ini selesai Gengs. Jadi Buruan Main Gamenyaaa!!

Continue Reading

Film

Review Film Black Widow Marvel Universe, Film Keren Yang Gagal Tayang di Bioskop

Published

on

pakdentertainment.com– Salah satu Film yang lagi hangat kali ini diluncurkan oleh Marvel yang sayangnya tidak sampai ke Bioskop Indonesia dikarenakan Pandemi Covid yang terjadi, Namun tenang kalian masih bisa menikmati film ini di Disney+, Jadi ini adalah sebuah solusi bagi kita yang tidak sabar menunggu film-film Marvel tersebut. Tentu di Disney+ kita juga bisa menonton film lainnya seperti Loki, Wanda Vision dan sebagainya, Lah kok malah bahas Disney + kita Kembali ke Topik Utama.

Spoiler Alert !! (Bagi kalian yang belum menonton filmnya tonton dulu ya) Sama seperti Film Marvel sebelumnya banyak sekali Aksi & Komedi yang diselipkan  dan juga alur cerita yang mudah dipahami sehingga kita akan sangat menikmati film berdurasi 2 jam tersebut. Di sepanjang Film kita akan merasakan ketegangan dan ketidaktahuan kita layaknya yang dialami Natasya Romanof saat kecil, disini kita tahu bahwa pengalaman dia sejak kecil sudah sangat keras, Sejak kecil dia dan puluhan anak pungut wanita lainnya sudah dilatih untuk menjadi seorang Black Widow oleh Ray Winstone’s yang merupakan pemimpin Red Room yang baru. Bahkan dia tidak sempat sama sekali untuk bertemu dengan Keluarganya sampai dia meninggal.

dari kiri ke kanan : (natasya, yelena, melina, red guardian, task master)

Beberapa Karakter baru juga bermunculan di Film ini yaitu Red Guardian, Taskmaster, dan juga Black Widow lainnya salah satunya adalah Melina & Yelena yang merupakan Keluarga angkat Natasya Romanof. Disini mereka akan Reuni dan bekerja sama untuk menghancurkan Red Room yang merupakan tempat Anak gadis dilatih untuk dijadikan Mata-mata dan juga pembunuh.

Disepanjang Film mungkin tidak akan membuat kalian bosan karena alur yang disajikan sangat lurus tidak ada percakapan yang berlebih jadi bisa dibilang 2 jam kalian tidak akan terbuang untuk menikmati Film ini. Tidak banyak cerita yang akan Author sampaikan karena tentu kalian bisa melihat langsung di Film Black Widow.

Jujur saja, sebelumnya author kurang tertarik dengan film Black Widow. karena karakter ini bukanlah karakter favorit Author. Namun siapa sangka Film Solonya ini berhasil membuat author bersimpati kepada Seorang Natasya Romanof yang ternyata memiliki hidup yang sangat kelam. Bisa jadi dia adalah satu-satunya Superhero yang hampir tidak pernah merasakan kehangatan keluarga dan kasih sayang. Terlihat dia yang selalu menyebut Avengers adalah keluarganya. Karena di dalam diri Natasya tidak ada Keluarga yang dekat kecuali Tim Avengers itu sendiri.

Overall Film ini sangat layak untuk kalian tonton, apalagi para penggemar Film Marvel Universe bisa dibilang ini Film yang pantas untuk mengenang Black Widow yang telah mengorbankan diri demi menyelamatkan umat manuisa di Film End Game. Tentu di akhir film kita akan melihat Clue Film selanjutnya yang kemungkinan besar akan berlanjut di film Solo Hawk Eye. Banyak Spekulasi bilang bahwa Black Widow akan digantikan oleh Adik Angkatnya yaitu Yelena Belova, Namun terlihat Yelena bekerja sama dengan Natalie.

Penilaian  : 4.5/5 (cukup bagus)

Kelebihan : Aksi & Cerita cukup Epic & dikemas dengan Baik.

Kekurangan : Kurangnya Pertarungan Solo Black Widow dengan Task Master yang merupakan Villain Iconic.

Continue Reading

HIBURAN

Tingginya Peminatan Terhadap Nature Republic Aloe Vera 92%

Published

on


Tingginya Peminatan Terhadap Nature Republic Aloe Vera 92%
Saat ini,  pemilihan produk kosmetik bukan hanya menjadi persoalan kaum hawa. Kaum adam pun mulai mengikuti, tetapi ada batasan-batasan kosmetik yang memang tidak pantas kaum adam gunakan. Kaum adam biasanya menggunakan produk kosmetik untuk merawat kulit mereka.
Dengan kemajuan zaman yang semakin canggih, kita bisa mendapatkan apa saja yang ada di dunia ini dengan mudah. Produk kosmetik masa kini sudah meluas hingga ke mancanegara. Ekspor impor menjadi sarana alternatif bagi para penjual kosmetik dan penggunanya untuk mendapatkan kosmetik apapun yang kita mau.
Di Indonesia sendiri, banyak sekali produk kosmetik yang memang barang impor dari berbagai negara. Salah satunya adalah produk kosmetik dari Negeri Ginseng.
 Maraknya produk tersebut juga disebabkan banyaknya para K-Popers di Indonesia sendiri. Produk andalan saat ini adalah Aloe Vera 92% Nature Republic.

Produk ini mengandung 92% ekstrak lidah buaya. Formulanya ringan dengan tekstur lotion gel ini memberikan efek dingin dan sejuk jika dioleskan langsung pada kulit. Sebaiknya digunakan pada malam hari supaya bisa lebih efisien
Soothing & Moisture Aloe Vera 92% dapat digunakan bukan hanya untuk di wajah namun bisa di seluruh badan. Keunggulan produk ini dapat digunakan untuk perawatan menghilangkan kantung mata, sebagai base make up, dapat digunakan sebagai moisturing cream, untuk perawatan tangan, perawatan rambut, perawatan luka seperti terbakar sinar matahari
Produk ini cepat meresap dan tidak meninggalkan lengket. Dan wanginya asli lidah buaya. Berat produk ini 300 ml bila dibandingan dengan harga dan manfaat yang kamu dapat, produk ini terhitung murah harganya berkisar Rp 100.000,00 jika membeli langsung di toko Nature Republic Indonesia yang berada di Gandaria Mall City. Lantai LG.No 40. kebayoran Lama. Namun di beberapa online shop atau reseller harga berkisar Rp. 120.000,00

Continue Reading
Advertisement

Kabar Inspiratif

Advertisement

Trending