Connect with us

Berita Terkini

Kajian Sosiolinguistik : Pentingnya berbahasa dalam bermasyarakat

Published

on

pakdentertainment.com-  (Madiun, 31/07/2021) Komunitas Gusdurian Madiun kembali menghadirkan  seminar online sebagai salah satu bentuk kegiatan komunitas dimasa pandemi covid-19 saat ini.

Pada seminar kali ini dengan mengusung konsep “guneman”, Komunitas Gusdurian Madiun mengusung tema “Sosiolinguistik” dengan menghadirkan M. Ali Husein, S.Hum., CNNLP., CPSM. sebagai narasumber. Beliau merupakan lulusan S1 Bahasa dan Sastra Arab UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang saat ini sedang melanjutkan studi S2 Program Studi Lingustik di Universitas Indonesia. Ujar beliau saat pembukaan.

Selain dari anggota Gusdurian sendiri, Seminar ini juga diikuti oleh peserta dari kalangan umum. Hal ini dapat terlihat dari antusiasme peserta  yang mencapai 123 kali tontonan dalam siaran langsung yang ditayangkan melalui media sosial Instagram.

Dalam seminarnya, M. Ali Husein menyampaikan bahwasanya Sosiolinguistik merupakan cabang dari Ilmu lingustik yang mempelajari bahasa dalam kaitannya penggunaan di masyarakat. Lebih lanjut, beliau mengatakan  dengan sosiolingusitik kita dapat memahami karakter seseorang dan juga budaya lain dan menjadi lebih bijaksana dalam mengambil sikap sekaligus dalam bertutur kata.  Beliau juga memberikan contoh penggunaan sosiolingusitik dalam bidang dakwah, “Dengan adanya sosiolinguistik ini, para pendakwah bisa memilih kata atau kalimat atau diksi yang bisa diterima dengan baik oleh jamaahnya”. Ujar beliau. “mempelajari sosiolingustik adalah salah satu tujuannya untuk bisa menempatkan diri kita akan berbicara dengan siapa, pada situasi apa, pada acara apa” imbuh beliau.

Atin Sulalatin, selaku anggota Gusdurian Madiun sekaligus moderator dalam acara ini menyampaikan bahwasanya kedepannya, acara seminar online seperti ini  akan lebih banyak dilakukan dalam masa pandemi covid-19.

Ulil Absor, selaku koordinator acara mengatakan bahwasanya dengan diselenggarakannya acara seperti ini, beliau berharap selain berbagi ilmu kepada masyarakat, komunitas gusdurian madiun juga semakin dikenal oleh masyarakat, khususnya masyarakat madiun dan sekitarnya terutama kawula muda millenial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ASUS

Saksikan Langsung Teknologi dan Inovasi Gaming Terbaru ROG di CES 2023

Published

on

ASUS ROG mengumumkan For Those Who Dare: Maxed Out, yaitu acara virtual yang diselenggarakan bersamaan dengan ajang Consumer Electronic Show (CES) 2023 di Las Vegas, Amerika Serikat. Dalam acara tersebut ASUS ROG akan memperkenalkan berbagai perangkat gaming terbaru yang telah dipersenjatai dengan teknologi dan inovasi terkini, mulai dari laptop ringkas dan powerful, hingga laptop terbaik untuk gamer e-sports.

Dibekali dengan hardware generasi terbaru, seluruh perangkat gaming ROG yang akan diperkenalkan pada acara For Those Who Dare: Maxed Out dapat menghadirkan pengalaman gaming terbaik dan belum pernah ada sebelumnya. ASUS ROG bahkan akan memperkenalkan sistem pendingin baru yang akan membuat sesi bermain game menjadi lebih seru dan tanpa gangguan pada performa.

Acara For Those Who Dare: Maxed Out  akan digelar pada tanggal 4 Januari 2022 dan akan disiarkan secara langsung di kanal YouTube ROG Global pada pukul 01.00 WIB dini hari. ASUS ROG juga membuka sesi hands-on secara langsung di The Venetian Expo, Las Vegas, Amerika Serikat, sepanjang ajang CES 2023 berlangsung.

 

Continue Reading

ARTIKEL

Difabel Berprestasi, Raih Beasiswa KIP Kuliah

Published

on

Menjadi seorang yang memiliki kebutuhan khusus dan menjadi minoritas bukanlah hal yang biasa. Maulana Haikal contohnya, ia menjadi salah satu difabel yang memiliki semanggat dan keinginan tinggi untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Dengan prestasi dan keahlian yang ia miliki mengantarkan Maulana Haikal ke gerbang Universitas untuk meraih gelar sarjana. Tak cukup sampai disini, Ia juga menjadi peraih beasiswa Kartu Indonesia Pinta (KIP) Kuliah di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mahasiswa jurusan Kesejahteraan sosial UIN Jakarta ini berhasil merebut perhatian Prof. Dr. Amany Lubis, M.A selaku Rektor UIN Jakarta pada acara Oreintasi Mahasiswa Berprestasi (ORMASI) KIP Kuliah di Auditorium Prof. Bachtiar effendy FISIP pada jumat 23/12/2022.

Alunan piano yang ia mainkan sangatlah merdu, bahkan sangatlah tidak mudah dimainkan oleh seorang yang memiliki kebutuhan khusus. Namun, Maulana Haikal dapat membuktikan bahwa keterbatasan tak memberikan batasan ia untuk berperstasi dan memiliki keahlian layaknya orang normal pada umumnya.

Maulana Haikal memainkan piano dengan nada “Happy Birtday” turut mengiringi kegembiraan dan ucapan selamat ulang tahun kepada Prof. Dr. Amany Lubis, M.A (Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Amany Lubis juga berpesan kepada penerima Beasiswa KIP Kuliah, bahwa beasiswa bukan hanya sebatas pemberian. Namun, sebagai amanah yang harus dikembalikan dengan cara berkontribusi dalam kehidupan negara. Ia berharap para mahasiswa juga mampu menyelesaikan kuliahnya tepat waktu dan mendapatkan prestasi yang membanggakan di manca Nasional maupun Internasional.

Continue Reading

ARTIKEL

Indodax dan Ayobantu Beri Modal UMKM untuk Hadapi Resesi di Indonesia

Published

on

Tahun 2023 mendatang, Indonesia diperkirakan akan terdampak resesi global. Meski begitu,  bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) diproyeksikan akan memiliki potensi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Berdasarkan catatan Kementerian Keuangan RI, peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia, dengan jumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha. Kontribusi UMKM terhadap PDB juga mencapai 60,5%, dan terhadap penyerapan tenaga kerja adalah 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

Sadar akan potensi besar UMKM yang bisa menggerakkan perputaran ekonomi nasional, Indodax bersama Ayobantu menggelar program CSR bertajuk “Kasih Indodax Bagi Negeri: Bantu Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)”.

Sebagai #BrandPeduli UMKM, Indodax berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat Indonesia dalam bidang ekonomi, termasuk para pelaku bisnis UMKM. Di program CSR kali ini, Indodax memberikan bantuan pemberian gerobak sebagai prasarana yang menunjang kemudahan pelaku UMKM untuk kelanjutan bisnis nya. Sebagai sesama pelaku bisnis, CEO Indodax Oscar Darmawan menilai bahwa CSR di bidang UMKM ini sangatlah menarik.

“Sektor UMKM menjadi sebuah sektor esensial yang perlu diberikan perhatian dan dukungan penuh. Program CSR UMKM kali ini ibarat kita membantu orang bukan dengan memberikan ikan namun memberikan alat pancing. Saya percaya bantuan ini akan berkelanjutan dan terus menghasilkan untuk dirinya sendiri. Harapan saya,  bantuan ini akan berdampak besar kepada mereka. Saya pun percaya pelaku industri sektor informal adalah pahlawan ekonomi di Indonesia. Dengan memberikan kesempatan untuk berkembang menjadi lebih baik lagi, sehingga bisa bermanfaat tidak hanya untuk dirinya sendiri namun juga untuk lingkungan sekitar,” jelas Oscar Darmawan selaku CEO Indodax.

Sekadar informasi, Kasih Indodax Bagi Negeri merupakan pemberdayaan masyarakat (community development) dalam bidang ekonomi, yang terbatas secara sumber daya dan akses terhadap pihak luar untuk menciptakan kemandirian dalam hal finansial, baik untuk pribadi dan keluarga menggunakan kegiatan kewirausahaan.

Untuk implementasinya, program CSR ini akan dijalankan oleh Ayobantu, platform donasi online yang telah menjadi mitra CSR Indodax sejak tahun 2020. Bantuan akan diberikan dalam bentuk pemberian modal berupa gerobak jualan yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan penerima manfaat dan pendampingan usaha.

Implementasi program bantuan dilaksanakan di penghujung bulan November 2022, dengan menyasar para pelaku UMKM di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Dua pelaku UMKM di antaranya yang menerima bantuan program ini yaitu Ibu Waningsih (pedagang nasi uduk di Jakarta Utara) dan Abah Tahrir (penjual kopi keliling yang biasa berjualan di Setu Cikaret).

Terkait kolaborasi ini, Founder dan CEO Ayobantu Agnes Yuliavitriani menyampaikan bahwa, pihaknya akan senantiasa menjaga amanah yang diberikan oleh setiap mitra yang bekerja sama dengan Ayobantu, termasuk Indodax. Oleh karena itu, ia berharap agar program ini bisa turut serta membantu para pelaku UMKM di Indonesia untuk mempertahankan eksistensi bisnisnya, terutama pada tahun 2023 yang diperkirakan akan penuh tantangan.

“Merintis usaha dapat diibaratkan sebagai sebuah maraton, yang terdiri dari proses panjang dan berliku dengan berbagai tantangan yang menghadang. Di satu pihak para pelaku usaha terlebih usaha kecil dan mikro, tentunya akan terbuka dan terbantu akan adanya dukungan yang diberikan agar usaha mereka dapat bertahan, khususnya dalam masa-masa sulit di masa depan.” pungkasnya

Continue Reading

ARTIKEL

Solusi UMKM Terpadu di @GrabMerchantID Bantu “Bidani” Lahirnya Jutaan UMKM Baru di Indonesia

Published

on

Dalam semangat Hari UMKM Nasional 2022, Grab, superapp terkemuka di Asia Tenggara, dan OVO, tekfin unicorn Indonesia yang berfokus pada platform pembayaran digital dan layanan finansial, hari ini memperkenalkan Solusi UMKM Terpadu di @GrabMerchantID sebagai portal informasi satu pintu untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berfokus pada tiga pilar utama, yaitu memberikan akses ke konsumen melalui digitalisasi, pusat informasi tentang izin dan sertifikasi, serta akses ke modal usaha. Inisiatif Grab dan OVO ini adalah untuk mendukung upaya pemerintah dalam mendorong lahirnya pelaku UMKM baru dan mempercepat adopsi digital pelaku usaha.

Solusi UMKM Terpadu di @GrabMerchantID disosialisasikan pada acara Kopdar UMKM Nasional di Gedung SMESCO Indonesia yang diikuti oleh sejumlah pemilik bisnis dan perwakilan komunitas UMKM (Indonesia Creative Cities Network, UKM Indonesia, Tangan di Atas dan Sahabat UMKM), serta dihadiri oleh  Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi, dan President Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata.

Akses ke modal usaha, kejelasan mengenai izin dan regulasi serta akses ke konsumen masih menjadi tiga kendala utama dalam mendirikan usaha baru atau bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha. “Ketiga hal tersebut merupakan tantangan besar ketika saya baru memulai usaha sendiri. Kemudahan mengakses informasi terkait modal, peraturan dan bagaimana cara menggaet konsumen yang lebih luas sangatlah membantu bagi usaha kecil yang masih memiliki keterbatasan sumber daya,” jelas Alanda Kariza, penulis, aktivis dan pemilik usaha kuliner Bearrito, di sela-sela diskusi Kopdar UMKM Nasional.

“Begitu banyak jejaring komunitas kreatif kami yang mengandalkan media sosial dalam kegiatan usahanya. Untuk itu pusat informasi yang kredibel dan mudah dicerna di media sosial juga menjadi krusial agar para pelaku usaha, UMKM khususnya, bisa mengakses informasi/solusi/program yang tepat untuk mengembangkan usahanya,” Fiki Satari, Ketua Umum Indonesia Creative Cities Network (ICCN).

Digitalisasi UMKM menjadi salah satu kunci pemulihan ekonomi nasional. Tercatat, pada 2020 jumlah UMKM yang memanfaatkan kanal digital hanya 8 juta dan dalam kurun waktu kurang dari dua tahun, kini jumlahnya meningkat pesat menjadi 19 juta. Grab dan OVO telah menjadi mitra strategis pemerintah Indonesia dalam mendukung tercapainya 30 juta UMKM yang didigitalisasi pada 2024. Sejak pandemi hingga Mei 2022 tercatat lebih dari 2 juta UMKM sudah didigitalisasi melalui ekosistem Grab dan OVO.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki mengapresiasi Grab dan OVO dalam menginisiasi solusi digital ini. “Pemerintah terus mendorong UMKM untuk terhubung ke dalam ekosistem digital agar bisa memanfaatkan potensi ekonomi digital Indonesia yang diproyeksikan mencapai Rp 4.500 triliun pada tahun 20302. Saya menyambut baik inovasi yang ditawarkan oleh Grab dan OVO dalam bentuk portal informasi yang dapat diakses di media sosial ini.”

“Saya juga senang atas semangat para komunitas UMKM dalam menyelenggarakan berbagai rangkaian aktivitas untuk memperingati Hari UMKM Nasional yang jatuh di bulan Agustus ini. Semoga semakin banyak pihak seperti Grab dan OVO yang memiliki komitmen berkelanjutan untuk mewujudkan transformasi digital bagi UMKM kita,” ucap Menteri Teten.

Country Managing Director of Grab Indonesia, Neneng Goenadi menyampaikan, “Kami percaya akan potensi UMKM Indonesia. Sejak pandemi hingga Mei 2022 tercatat lebih dari 2 juta UMKM sudah didigitalisasi melalui ekosistem Grab dan OVO. Kami berharap dengan adanya solusi UMKM terpadu di @GrabMerchantID ini, kami dapat membidani lahirnya jutaan pelaku-pelaku UMKM baru di Indonesia.”

Continue Reading
Advertisement

Kabar Inspiratif

Trending