Connect with us

Berita Terkini

OPPO Luncurkan Teknologi Terbaru Air Glass dan NPU di INNO DAY 2021

Published

on

Jakarta, 14 Desember 2021 — OPPO menyelenggarakan INNO DAY 2021, acara pameran tahunan untuk memamerkan kemajuan teknologi terkini dan kemajuan OPPO. Dalam acara ini, OPPO secara resmi mengumumkan Air Glass dan NPU (Neural Processing Unit). Pameran teknologi ini akan diadakan selama dua hari, 14-15 Desember 2021, dan terbuka untuk umum dari seluruh dunia melalui dunia maya INNOWORLD di link berikut ini.

OPPO Air Glass sendiri merupakan perangkat aR (assisted Reality) yang memiliki bentuk monokel yang inovatif serta telah ditanami dengan teknologi Spark Micro Projector, Micro LED yang canggih, dan juga tampilan diffraction optical waveguide khusus.

Sementara itu, NPU adalah sebuah teknologi pencitraan pertama kali dikembangkan oleh OPPO, di mana pemrosesan RAW dapat dilakukan secara real-time sebagai akibatnya pengguna bisa merekam video menggunakan fitur 4K AI Night Video dan menampilkan live preview dengan kualitas yang luar biasa.

OPPO INNO DAY diluncurkan pertama kali pada tahun 2019. Saat peluncuran perdana OPPO INNO DAY 2019, OPPO telah memamerkan berbagai inovasi teknologi yang mutakhir. Pada penyelenggaraan OPPo INNO DAY tahun ini, OPPO memperkenalkan teknologi Air Glass dan NPU. Ini merupakan bentuk komitmen OPPO dalam menyediakan produk-produk yang inovatif dan revolusioner, serta memberikan pengalaman luar biasa bagi para pengguna.

OPPO Air Glass

OPPO Air Glass merupakan produk smart glass yang hadir dengan desain yang futuristik,pengguna dapat mengaktifkan berbagai fitur menarik dengan cepat dan mudah menggunakan gerakan tangan, gerakan kepala, suara, atau menyentuh layar virtual yang muncul di perangkat.

Air Glass memiliki bentuk kurva yang halus untuk menghasilkan tampilan yang ringan dan minimalis. Bodi OPPO Air Glass terinspirasi dari helai bulu yang ringan, ramping dan melengkung. Touchbar pada bodi perangkat memiliki bentuk yang menyerupai batang bulu yang elegan. Sementara itu, lensa pada perangkat terinspirasi oleh sayap tonggeret yang indah dan berbeda dari lensa monokel konvensional yang biasanya berbentuk oval atau bulat. Lensa disematkan ke dalam bingkai yang ringan dan ramping. Di dalam bingkai ini, terdapat Platform Qualcomm Snapdragon Wear 4100 dan semua komponen teknologi utama lainnya. Bingkai OPPO Air Glass sendiri diproduksi dengan teknik CNC sehingga tampil elok dan presisi. Dengan desain yang unik dan menarik, OPPO Air Glass memiliki berat sekitar 30g dan merupakan salah satu perangkat aR yang diklaim paling ringan yang ada di pasaran saat ini.

OPPO Air Glass bisa digunakan melalui aplikasi Smart Glass yang tersedia di OPPO Watch 2 dan semua ponsel OPPO dengan sistem operasi ColorOS 11 atau versi yang lebih baru. OPPO Air Glass juga memiliki banyak aplikasi yang dapat digunakan. Beberapa diantaranya adalah aplikasi yang dikembangkan sendiri oleh OPPO, seperti Weather, Calendar, Health, Teleprompter, Translation, and Navigation.

OPPO Air Glass dirancang untuk berbagai kalangan, termasuk pengguna dengan kelainan mata seperti miopia dan hipermetropia. Perangkat monokel ini tersedia dalam dua jenis bingkai yang berbeda yaitu half-frame berwarna perak dan full-frame berwarna hitam. Kedua warna tersebut tersedia dalam dua ukuran.

MariSilicon X (NPU)

NPU hadir dengan fabrikasi 6nm, menggabungkan ISP dan multi-tier memory architecture. NPU dapat melakukan 18 triliun operasi per detik (TOPS). NPU juga dilengkapi dengan tera-bps memory subsystem yang inovatif dan memungkinkan untuk beroperasi dengan memanfaatkan daya komputasi NPU secara maksimal tanpa dibatasi oleh memori. Hal ini dapat secara signifikan mengurangi waktu yang diperlukan untuk melakukan penyalinan data dari unit penyimpanan ke pemrosesan atau sebaliknya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini

Cekrekening.id, Portal Cek Rekening Bank Untuk Kenyamanan dan Keamanan Dalam Bertransaksi

Published

on

Saat ini, transaksi jual-beli secara online semakin diminati oleh masyarakat seiring dengan kemajuan perkembangan teknologi. Transaksi dengan sistem online dianggap lebih praktis untuk dilakukan.

Meskipun dapat memudahkan konsumen, saat ini ramai penipuan dengan modus transaksi jual-beli secara online dan terkadang tidak sedikit pula konsumen yang tertipu oleh penjual yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, kita dituntut untuk sigap dan waspada dalam bertransaksi secara daring.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan sebuah situs resmi yang difungsikan sebagai portal untuk melakukan pengumpulan database rekening bank diduga terindikasi tindak pidana.

CekRekening.id merupakan Situs Resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang difungsikan sebagai portal untuk melakukan pengumpulan database rekening bank diduga terindikasi tindak pidana.

Siapapun dapat berpartisipasi dan membantu sesama pengguna transaksi elektronik dengan melaporkan rekening yang terindikasi digunakan tindak pidana demi menciptakan lingkungan e-commerce yang sehat, aman, dan nyaman.

Cara Cek Rekening

Jika anda ingin melakukan transaksi ke rekening yang anda baru kenal, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu rekening tujuan untuk memastikan transaksi anda aman.

#1. Kunjungi situs resmi CekRekening.id Kominfo di https://cekrekening.id/home

#2. Pilih Periksa Rekening

#3. Pilih NAMA BANK dan masukan nomor rekening

#4. Centang “I’m not a robot” dan klik “Submit”.

Cara Melaporkan Rekening Yang Terindikasi Penipuan

#1. Kunjungi situs resmi CekRekening.id Kominfo di https://cekrekening.id/home

#2. Pilih Laporkan Rekening

#3. Isi formulir data rekening yang ingin dilaporkan

#4. Lengkapi biodata terlapor dan pelapor

#5. Jelaskan kronologi kejadian dan unggah bukti kejadian

#6. Terakhir centang “I’m not a robot” dan klik “Submit”.

Semua Laporan yang masuk CekRekening.id akan melalui proses verifikasi terlebih dahulu dan membutuhkan informasi pribadi yang mesti diisi selanjutnya.

Fitur Daftarkan Rekening

Fitur ini diperuntukkan bagi pelaku usaha maupun penyelenggara donasi untuk melakukan verifikasi rekening mereka untuk membuktikan kepada calon konsumen bahwa rekening mereke terpercaya.

Fitur ini memungkinkan pelaku usaha maupun penyelenggara donasi agar mendapatkan centang biru (bluecheck) dan tautan (link) tertentu, tanda bahwa rekening telah terverifikasi identitasnya.

Pelaku usaha maupun penyelenggara donasi bisa mendaftarkan rekeningnya secara online yang kemudian oleh tim verifikator cekrekening.id, pemohon akan diundang untuk melakukan verifikasi identitas, dokumen usaha (jika ada), dan interview dengan tatap muka secara offline.

Pengajuan Sanggahan.

Pelaku usaha maupun penyelenggara donasi yang nama dan rekeningnya masuk dalam blacklist dalam layanan ini berhak mengajukan sanggahan atas laporan masyarakat dan meminta rekeningnya dikeluarkan dalam database daftar blacklist/pengaduan (normalisasi).

Pemilik rekening dapat melaporkan ke e-mail cekrekening@kominfo.go.id atau datang langsung ke kantor Kominfo dengan membawa atau melampirkan bukti-bukti penyanggahan.

Continue Reading

Berita Terkini

DOSS Camera & Gadget Hadirkan Toko Baru di Kemang

Published

on

By

DOSS Camera & Gadget kini hadir di Kemang, Jakarta Selatan. Untuk ketiga kalinya di tahun 2021, toko kamera terbesar di Indonesia ini semakin mendekatkan diri ke para pelanggan setianya yang akrab dipanggil dengan sebutan Sahabat DOSS.

 

DOSS Kemang, secara resmi dibuka langsung oleh Tahir Matulatan selaku CEO dan Founder dari DOSS Camera & Gadget pada 16 Desember 2021. “Besar harapan kami untuk bisa memajukan industri kreatif Indonesia dengan memberikan pengalaman berbelanja yang asyik di area Kemang. Satu area yang dipercaya ada banyak sekali rumah-rumah produksi.” kata Tahir di sela-sela acara pembukaan DOSS Kemang. Lebih lagi, DOSS hanya menjual produk-produk digital kamera dan aksesoris bergaransi resmi. Lalu toko kamera ini juga memberikan Layanan Edukasi dan Benefit Berbelanja yang berlimpah untuk mendukung para fotografer, videografer serta para content creator di Tanah Air melalui konsep Digital One Stop Solution.

Pembukaan outlet DOSS Camera & Gadget di Jalan Kemang Raya No. 49 didukung dan dihadiri oleh para principal dari brand-brand alat fotografi dan videografi ternama seperti, Sony, Fujifilm, Canon, Nikon, Lumix, dan aksesoris berkualitas tinggi dari brand ternama lainnya. Misalnya saja brand Godox yang ditawarkan oleh DOSS sebagai photo lighting solution terbaik dikelasnya. Ada juga brand DJI yang menghadirkan teknologi drone terkini untuk memenuhi kebutuhan di bidang aerial videography.

 

Tidak kalah pentingnya, dengan hadirnya DOSS Kemang semakin membuka peluang bagi para fotografer dan videographer professional, content creator, serta sahabat DOSS yang ingin berkolaborasi untuk senantiasa berkembang bersama DOSS. Pada pembukaan cabang baru DOSS Camera & Gadget Kemang hadir dengan memberikan berbagai macam promo menarik ! #LebihAsikBelanjaDiDOSS

DOSS Camera & Gadget akan meramaikan dunia fotografi dan videografi di Indonesia dengan mengadakan event yang pertama kali akan dilakukan di Indonesia, DOSS Photolympic. Rangkaian acara ini akan meriahkan dengan lomba fotografi, workshop, dan berbagai macam kegiatan menarik lainnya yang telah dijadwalkan pada awal tahun 2022. Semakin berkembangnya DOSS Camera & Gadget memiliki visi untuk memfasilitasi para mahasiswa/I dari berbagai Universitas dan Lembaga Studi untuk terus membantu para pelajar untuk meningkatkan minat dan bakat mereka di dunia kreatif fotografi dan videografi dengan mengadakan hunting, workshop dan bermacam-macam acara lainnya yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas dari karya mereka.

 

Bagi warga kota Jakarta Selatan dan sekitarnya ayo main ke DOSS Camera & Gadget Kemang atau bisa juga melalui online store kami di www.doss.co.id dan nikmati pengalaman berbelanja yang lebih asik karena DOSS memberikan fasilitas Extended Warranty yang tidak akan ditemukan di toko kamera lainnya, dan DOSS sebagai toko kamera pertama di Indonesia yang memberikan pengalaman berbelanja dengan benefit-benefit seperti, DOSS Protection, 14 Hari Tukar Baru, Price Match Guarantee, DOSS School, dan juga undian berhadiah (DOSS Kuahku), sampai pengalaman belanja Coba Dulu Baru Beli

Continue Reading

Berita Terkini

Memajukan Kota Melalui Gerakan Smart City

Published

on

Masyarakat kini telah banyak memanfaatkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan sudah banyak kota-kota di Indonesia yang telah memanfaatkan teknologi sebagai pendukung sarana dan prasarana kota.

Bahkan Kementrian Komunikasi dan Informasi mencanangkan akan terus mendukung dan mengembangkan kota cerdas melalui Gerakan Smart City, Menkominfo Johnny G. Plate juga menegaskan bahwa keberadaan smart city di Indonesia akan menjawab tantangan kependudukan yang diproyeksikan pada tahun 2045 sebanyak 82,37% populasi akan hidup di pusat perkotaan.

Tahun 2021, Kementerian Kominfo juga mengembangkan smart city menjangkau Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

“Ini terjadi urbanisasi, untuk itulah diperlukan strategi pengembangan kota yang akomodatif terhadap perkembangan zaman, dan pengembangan kota cerdas atau smart city melalui Gerakan Menuju Smart City menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh kita bersama, yang diinisiasi oleh Kementerian Kominfo,” ujarnya dalam Indonesia Smart City Conference, Forum Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Pameran Smart City, di ICE BSD Tangerang, Selasa (14/12/2021).

Menteri Johnny menyatakan pengembangan smart city menjadi bagian dari utilisasi teknologi digital dalam pengelolaan kota moderen. Menurutnya, smart city juga merupakan salah satu aktualisasi dari transformasi digital yang inovatif dan solutif.

“Hal itu dilihat dari tingkat penetrasi internet yang terus meningkat di Indonesia. Penetrasi internet di Indonesia di awal januari 2021 mencapai 73,3% dari jumlah populasi penduduk kita, atau setara dengan 202,7 juta masyarakat pengguna. Maka utilisasi layanan digital secara nasional juga akan terus dan semakin meningkat,” jelasnya.

Menkominfo mendorong pemerintah daerah untuk memanfaatkan teknologi digital, termasuk Internet of Things (IoT) dalam membuat terobosan baru atau smart solution. Sejalan dengan arus digitalisasi, hal itu dibutuhkan untuk meningkatkan produktifitas serta optimalisasi layanan pada masyarakat.

“Teknologi Internet of Things akan mengalami perkembangan pesat di tahun 2025, di mana akan terdapat 41,6 M perangkat IoT yang terpasang secara global. Di Indonesia, jumlah perangkat IoT diperkirakan mencapai 400 juta perangkat di tahun 2022, dan akan meningkat menjadi 678 juta perangkat tahun 2025 dengan hadirnya 5G,” ujarnya.

Menurut Menteri Johnny, nilai pangsa pasar IoT di Indonesia juga akan mengalami peningkatan sebesar dari Rp355 triliun pada tahun 2022 dan mencapai Rp557 triliun di tahun 2025. Selain itu, kedepannya akan terjadi peningkatan volume data yang sangat signifikan.

“Contoh, sebuah smart city atau kota cerdas dengan satu juta penduduk dapat menghasilkan 200 petabyte data setiap harinya,” tandasnya.

Kepada pemerintah daerah, Menkominfo juga memaparkan upaya Pemerintah dalam menghadirkan teknologi 5G di Indonesia sebagai dukungan pengembangan ekosistem IoT di Indonesia.

“Setelah lebih dari 11 kali testing, 5G sudah rollout di Indonesia, lisensi operasi komersial telah diberikan kepada tiga operator nasional dan saat ini sedang membangun di 9 kota aglomerasi yang tentu akan mendorong dan meningkatkan pemanfaatan IoT,” jelasnya.

Continue Reading

Berita Terkini

Kemenkominfo Resmi Selanggarakan Forum SPBE 2021, Dukung Terwujudnya Smart Governance

Published

on

Jakarta, 14 Desember 2021 – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) mennyelenggarakan Forum Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) yang turut dihadiri oleh perwakilan Kepala Dinas Kominfo (Diskominfo) di Jakarta pada 14 Desember 2021. Kegiatan ini bertujuan mengukuhkan peran Diskominfo dalam mendukung terwujudnya pemerintahan cerdas (smart governance) melalui penerapan SPBE.

Mengingat peran krusial SPBE dalam meningkatkan layanan ke masyarakat, Forum SPBE ini didukung kementerian lain seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PANRB, dan Kementerian Keuangan.

Sesuai dengan Perpres No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik, pemerintah tengah berupaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Untuk mewujudkannya, diperlukan sinergi antar berbagai instansi pemerintah dari beberapa kementerian dan badan pemerintah, salah satunya Kemenkominfo.

Penerapan SPBE ini berkaitan erat dengan konsep smart city yang merupakan upaya-upaya inovatif yang dilakukan ekosistem kota dalam mengatasi berbagai persoalan dan meningkatkan kualitas hidup manusia dan komunitas setempat. Dengan kata lain, SPBE merupakan katalis bagi terwujudnya smart city.

Bambang Dwi Anggono, S.Sos., M.Eng., CEH selaku Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan (LAIP) mengatakan “Salah satu tantangan kita dalam transformasi digital adalah bagaimana membangun ekosistem digital secara komprehensif. Dari 27.400 aplikasi yang dimiliki instansi pusat dan daerah ternyata sebagian besar merupakan duplikasi. Karenanya, Kominfo diharapkan dapat menjalankan perannya dalam melakukan harmonisasi pada ekosistem digital itu agar tidak terjadi duplikasi pembangunan, baik infrastruktur, peraturan, maupun SDM-nya.”

Teddy Sukardi selaku konsultan teknologi informasi sekaligus Ketua Ikatan Konsultan Teknologi Informasi Indonesia (IKTII) mengatakan “Jumlah aplikasi tidak dapat digunakan untuk menentukan apakah suatu smart city telah berkinerja dengan baik. Karena setiap aplikasi yang diciptakan harus memiliki manfaat, sehingga perlu dilihat juga apakah aplikasi-aplikasi yang ada berdampak baik bagi masyarakat.”

Kepala Dinas Kominfo (Diskominfo) se-Indonesia pun diharapkan dapat turut mengukuhkan perannya dalam mewujudkan Pemerintahan Cerdas (smart governance) Indonesia melalui pengelolaan arsitektur SPBE, pengkoordinasian pembangunan aplikasi dan infrastruktur TIK, serta pelaksanaan manajemen aset TIK dan layanan.

Untuk menjawab tuntutan dalam mengoptimalkan perannya dalam transformasi Pemerintahan Cerdas Indonesia, Kemenkominfo berkolaborasi dengan Balitbang SDM Kemendagri melakukan sosialisasi aplikasi peningkatan kapasitas SDM. Kemenkominfo pun berharap ke depannya, Diskominfo dapat terus terdorong untuk menginisiasi berbagai kolaborasi yang dapat melahirkan inovasi-inovasi untuk membantu mempercepat SPBE di Indonesia.

Continue Reading
Advertisement

Kabar Inspiratif

Advertisement

Trending